-->

Menulis Praktik Baik Pembelajaran Jarak Jauh

Berikut dibawah ini adalah bentuk soal dan contoh jawaban, cara menulis praktik baik pembelajaran jarak jauh, sebagai inspirasi anda dalam menulis praktik baik pembelajaran jarak jauh yang telah anda rancang dan laksanakan sendiri, semoga bermanfaat, salam Guru Belajar...!

Tahap 2: Diklat Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19

Menulis Praktik Baik Pembelajaran Jarak Jauh

Selamat! Anda telah merancang dan menerapkan pembelajaran jarak jauh. Pasti ada suka dukanya. Tidak sedikit dinamikanya. Apa pun, pasti ada pelajaran penting dari pengalaman tersebut.

Sekarang Anda diundang untuk mengingat keseluruhan pengalaman merancang dan menerapkan pembelajaran jarak jauh. Dari keseluruhan pengalaman tersebut, ingatlah alurnya dari awal hingga akhir. Dari penuh tantangan hingga membuahkan hasil. Setelah itu, tuliskan alur pengalaman tersebut menjadi sebentuk tulisan praktik baik pembelajaran jarak jauh. Anda boleh mempelajari contoh praktik baik pembelajaran jarak jauh pada Surat Kabar Guru Belajar edisi Sekolah Lawan Corona.

Ada 3 poin dalam bentuk pertanyaan panduan yang akan membantu Anda untuk menuliskan praktik baik pembelajaran. Silakan cermati pertanyaan-pertanyaan panduan berikut ini:

1. Ingat seluruh pengalaman Anda dalam merancang dan menerapkan pembelajaran jarak jauh. Bagaimana alur pengalaman Anda sejak awal merancang hingga menerapkan pembelajaran jarak jauh? Bagaimana kondisi awal? Apa tantangan yang dihadapi? Apa yang Anda lakukan untuk mengatasi tantangan?

Pengalaman saya dalam merancang dan menerapkan pembelajaran jarak jauh adalah

1. Alur pengalaman saya sejak awal merancang hingga menerapkan pembelajaran jarak jauh

  • Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran jarak jauh melalui aplikasi WhatsApp Grup dan Zoom
  • Menganalisis KI dan KD
  • Menentukan tujuan pembelajaran
  • Melakukan asesmen dan evaluasi

2. Kondisi Awal Pembelajaran Jarak Jauh

  • Tempat tinggal siswa sangat berjauhan dari jangkauan guru, sehingga menyulitkan melakukan pembelajaran kunjungan ke rumah siswa
  • Beberapa siswa pulang ke kampung yang jauh dari sekolah dan tempat tinggal guru

3. Tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh

  • Hanya sedikit siswa terlibat dalam pembelajaran jarak jauh yang dilakukan melalui aplikasi Zoom
  • Sebagian besar siswa keterbatasan atau tidak memiliki kuota internet

4. Untuk mengatasi hal tersebut
  • Melakukan asesmen nonkognitif awal terhadap semua siswa
  • Mendengar komentar siswa sebagai masukan perbaikan
  • Mencari alternatif lain dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh dengan memanfaatkan aplikasi Grup Massager yang dapat diakses secara gratis melalui mode gratis. Sehingga semua siswa dapat berkomentar dan mengirimkan tugas dalam bentuk foto tanpa harus menggunakan kuota internet.
  • Selain itu memfasilitasi siswa yang dapat mengakses pembelajaran dengan kuota internet dengan membuat blog pembelajaran khusus mata pelajaran Fisika yang dapat diakses melalui Blog Fisika ini berisi materi pelajaran fisika beserta contoh soal dan pembahasannya. Dilengkapi juga dengan video pembelajaran.
  • Sehingga siswa yang dapat mengakses materi pembelajaran dengan kuota internet dapat berbagi pengetahuan, melalui diskusi kelompok siswa dalam aplikasi Grup Massager.

2. Dari pengalaman yang telah Anda jelaskan sebelumnya, bagaimana respon dan komentar dari siswa Anda? Apa usulan siswa untuk pengembangan pembelajaran jarak jauh selanjutnya?

1. Respon dan komentar siswa
  • Pembelajaran jarak jauh dapat dilakukan meskipun tanpa kuota internet melalui aplikasi Grup Massager, semua siswa bisa terlibat dalam pembelajaran.
  • Lebih antusias dan aktif mengikuti pembelajaran jarak jauh
  • Dapat mengumpulkan tugas tanpa kuota internet

2. Usulan siswa untuk pembelajaran jarak jauh selanjutnya

  • Video pembelajaran jarak jauh tentang penjelasan materi pelajaran lebih diperbanyak
  • Transparansi penilaian kepada siswa dalam setiap pembelanjaan jarak jauh


3. Apa perbedaan praktik pembelajaran jarak jauh yang Anda lakukan antara sebelum dan sesudah mengikuti program Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19? Tuliskan poin perbedaan beserta bukti dan penjelasannya

Perbedaan praktik pembelajaran jarak jauh:

Sebelumnya:

Siswa kurang antusias dan terlibat dalam pembelajaran jarak jauh

Sesudah mengikuti program Guru Belajar Seri Masa Pandemi Covid-19

Semua siswa mengikuti pembelajaran jarak jauh


Anda dapat membuat draft penulisan dengan bantuan penduan ini, kemudian menyalinnya sebagi jawaban pertanyaan untuk mengunggah praktik baik Anda. Selamat bekerja!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel