-->

PENGANTAR KETENAGALISTRIKAN

 

Pertanyaan Pemantik

Gambar di atas adalah gambar dinamo pada sepeda untuk menghidupkan lampu. Dinamo sepeda berfungsi sebagai pembangkit tenaga listrik yang dimanfaatkan lampu sepeda. Saat melihat lampu menyala di rumahmu, dari mana energi listrik tercipta sehingga lampu rumahmu bisa menyala? Siapakah yang membangkitkan tenaga listrik tersebut?

Kata Kunci: distribusi, pembangkit, perangkat cerdas, transmisi

Lihatlah di sekitar kalian. Banyak benda yang membutuhkan daya listrik untuk bekerja. Sebagai contoh: telepon seluler, laptop, lampu, televisi, dan benda lainnya. Kalau kalian membayangkan sebuah jam dinding yang menggunakan baterai untuk menyala, di mana letak baterai sebagai sumber daya dari mesin jam yang bergerak? Lalu, bagaimana agar sumber daya televisi, pompa air, telepon seluler dan peralatan listrik lainnya tercukupi? Bagaimana daya listrik bisa sampai ke rumah kalian dan dapat langsung digunakan? Bagaimana cara pembangkit tenaga listrik mendistribusikannya ke rumah-rumah? Atau adakah kumpulan baterai yang sangat banyak pada pembangkit tenaga listrik layaknya baterai pada sebuah jam untuk menyediakan listrik bagi sebuah negara? Untuk dapat menjawab pertanyaanpertanyaan ini, ikuti bab ini dengan seksama.

Penguatan Materi

1. Sistem Tenaga Listrik

Listrik saat ini sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia. Mulai dari kita bangun sampai tidur lagi semuanya membutuhkan listrik. Dari rumah sampai industri, semua membutuhkan listrik. Begitu besar peran listrik dalam kehidupan kita sekarang ini, tidak terbayangkan jika sampai terjadi pemadaman listrik dalam waktu lama. Bila hal itu terjadi, maka akan ada banyak aspek kehidupan yang terganggu dan banyak kerugian yang akan terjadi. Oleh karena itu, penyedia listrik di indonesia harus memiliki keandalan yang tinggi, sehingga dapat meminimalkan pemadaman dan menjamin kualitas listrik yang sampai ke pelanggan dengan baik. Di balik itu semua, terdapat berbagai rangkaian proses yang digunakan dari awal dibangkitkannya listrik hingga dimanfaatkan oleh pelanggan. Serangkaian proses tersebut sering disebut sistem tenaga listrik. Sistem ini memiliki tiga komponen utama: pembangit tenaga listrik, sistem transmisi, dan sistem distribusi.

a. Pembangkit Tenaga Listrik

Pembangkit tenaga listrik, atau terkadang disebut dengan pusat pembangkit listrik, merupakan bagian yang memproduksi energi yang memiliki tugas utama menghasilkan energi. Bila digolongkan berdasarkan sumber energinya, maka pusat pembangkit tenaga listrik dibedakan menjadi dua, yaitu pembangkit tenaga menggunakan sumber energi fosil, dan pembangkit tenaga menggunakan energi terbarukan.

Semakin menipisnya bahan bakar fosil, maka rencana pengembangan pembangkit energi terbarukan akan ditingkatkan. Begitu pula di negara kita; pemerintah dan Perusahaan Listrik Negara (PLN), yang memiliki tugas untuk memenuhi kebutuhan listrik di seluruh negeri, sedang giat mengembangkan dan mengampanyekan penggunaan energi terbarukan.

Pembangkit tenaga listrik berbahan bakar fosil atau non-EBT (Energi Baru dan Terbarukan) menggunakan bahan bakar minyak, gas dan batu bara. Jika bahan bakar tersebut habis, maka tidak dapat digunakan kembali. Sementara itu, EBT (Energi Baru dan Terbarukan), atau biasa disebut ‘new and renewable energy’, merupakan sumber energi baru yang dapat dipakai lagi dan tidak akan habis. EBT dibagi menjadi dua, yaitu sumber energi yang dapat didaur ulang (renewable energy), dan sumber energi yang tidak akan habis pakai. Contoh sumber energi yang dapat didaur ulang yaitu biogas, biomassa, dan energi dari kayu. Biogas adalah energi yang dihasilkan dari kotoran hewan yang diolah oleh bakteri anaerob untuk menghasilkan gas yang dapat dimanfaatkan. Biomassa adalah energi yang berasal dari bahan sumber alami yang dapat diperbaharui seperti pohon, dan limbah-limbah lain yang berupa bahan organik. Sebaliknya, energi yang tidak akan habis ketika digunakan adalah energi panas bumi, energi matahari, dan energi pasang surut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel