-->

Kapan Sekolah dibuka kembali?


Kembali sekolah di tahun pelajaran baru itu aman atau tidak, tapi kemungkinan akan ditunda karena terlalu berisiko artinya kesehatan itu sesuatu yang harus diprioritaskan, sampai kapan nanti itu tergantung hasil kajian dari kementerian PMK, kalaupun nanti sekolah dibuka kembali, maka protokol normal akan dilakukan secara ketat. misalnya jumlah siswa per kelas harus tentukan, menggunakan masker, suhu dan lain sebagainya harus diperhatikan. jadi untuk sementara waktu sektor pendidikan kemungkinan belum akan dibuka, masih dalam kajian.

jadi yang ditunda itu, apakah tanggal dibukanya kembali sekolah tanggal 13 Juli 2020 atau pendidikan tetap akan dilaksanakan dengan sistem jarak jauh. Perlu juga untuk dikaji kembali, artinya kapan itu tergantung kajian, resiko dan lain sebagainya dan apakah sudah aman atau tidak untuk membuka sekolah kembali, pengertiannya apakah kemudian tahun ajaran baru itu akan ditunda sampai batas waktu yang tidak ditentukan, menunggu keputusan Menteri PMK dan Mendikbud, menunggu keputusan Mendikbud artinya bisa berlangsung pada Januari 2021 atau bisa berlangsung pada Januari 2022 itu belum ada keputusan.

Pertanyaannya apakah memang dimungkinkan daerah yang sudah zona hijau itu dibuka atau masih terlalu beresiko saat ini, meskipun sudah hijau, tetapi resiko untuk jadi penyebaran Covid-19 di sekolah itu masih terlalu tinggi, jadi terlalu beresiko untuk membuka, masih kajian kalau untuk keputusan apakah hijau itu dibuka atau tidak itu tunggu saja

Kapan pendidikan mulai berlaku, jadi mungkin pemerintah akan cari solusi yang dalam pengertian demi kepentingan terbaik bagi pembelajaran. karena memang proses pembelajaran yang kembali kepada normal yang seperti semula itu tampaknya akan menghadapi tantangan luar biasa. Sehingga harus memasuki situasi kebiasaan-kebiasaan baru yang diarahkan kepada hal-hal yang demi kesehatan anak-anak dan para guru dalam membukaan belajar ini. Pembelajaran ini masih boleh tetap dilaksanakan karena itu mungkin yang menarik dikaji adalah apakah kita akan dibuka dengan tata kelola yang baru sehingga pendidikan tetap bisa berlangsung di bulan Juli tapi sistemnya yang berubah anak-anak tetap belajar di rumah dengan sistem pembelajaran dalam tata kelola yang baru dan lain sebagainya 
jadi sebaiknya sekolah tetap dibuka pada bulan Juli dengan menggunakan pendidikan jarak jauh dengan sistem yang disempurnakan lagi berdasarkan kajian-kajian sebelumnya yang sudah diterapkan dalam pendidikan jarak jauh atau belajar dari rumah.

Sehingga pendidikan harusnya tetap berjalan pada bulan Juli, tetapi siswa tidak harus pergi ke sekolahan, karena itu mungkin pemerintah membuat kurikulum sekolah yang baru yang disesuaikan dengan masa pandemi ini. Hal ini perlu untuk didiskusikan, artinya Kementerian terkait  mendapatkan masukan sebanyak-banyaknya dari berbagai pihak  dalam merumuskan bagaimana kurikulum sekolah di harapkan demi terlaksananya pendidikan dan sekaligus untuk memperluas akses, tapi menjamin keselamatan siswa dan guru.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel