Contoh Rapor Kurikulum 2013 Revisi 2017
01 December 2018
Edit
Contoh
Lampiran 1. Format Halaman Depan Rapor K13 dan K13 revisi
dan
Cara Pengisiannya
RAPOR PESERTA DIDIK
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
(SMK)
(SMK)
LOGO
Nama Peserta didik:
NISN:
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
REPUBLIK
INDONESIA
RAPOR PESERTA DIDIK
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
(SMK)
(SMK)
Nama Sekolah : ___________________________________
NPSN : ___________________________________
NIS/NSS/NDS : ___________________________________
Alamat Sekolah : ___________________________________
___________________________________
Kode Pos ___________Telp.____________
Kelurahan :
___________________________________
Kecamatan : ___________________________________
Kota/Kabupaten : ___________________________________
Provinsi :
___________________________________
Website :
___________________________________
E-mail : ___________________________________
KETERANGAN TENTANG DIRI PESERTA DIDIK
1.
Nama Peserta
didik (Lengkap) :
....................................................
2.
Nomor Induk/NISN : ....................................................
3.
Tempat ,Tanggal
Lahir :
....................................................
4.
Jenis
Kelamin :
....................................................
5.
Agama :
....................................................
6.
Status
dalam Keluarga :
....................................................
7.
Anak ke :
....................................................
8.
Alamat Peserta
didik :
....................................................
9.
Nomor
Telepon Rumah : ....................................................
10.
Sekolah
Asal :
....................................................
11.
Diterima di
sekolah ini
Di kelas :
....................................................
Pada tanggal : ....................................................
Nama
Orang Tua :
....................................................
a. Ayah :
....................................................
b. Ibu :
....................................................
12.
Alamat Orang Tua : ....................................................
Nomor Telepon Rumah :
....................................................
13.
Pekerjaan
Orang Tua :
....................................................
a. Ayah :
....................................................
b. Ibu :
....................................................
14.
Nama Wali Peserta
didik :
....................................................
15.
Alamat Wali
Peserta didik :
....................................................
Nomor Telpon Rumah : ....................................................
16.
Pekerjaan
Wali Peserta didik :
....................................................
....................,
............20....
Kepala Sekolah,
NIP
Lampiran 3.
Format Nilai dan Deskripsi Rapor K13 dan K13 revisi dan Cara Pengisiannya
SMK
Harapan
SMK
Harapan
|
Nama
Peserta Didik
|
:
|
..........................
|
Nama
Sekolah
|
:
|
..........................
|
|
NISN/NIS
|
..........................
|
Alamat
Sekolah
|
:
|
..........................
|
||
Kelas
|
:
|
..........................
|
||||
Semester
|
:
|
Genap
|
A.
SIKAP
1.
Sikap
Spiritual (Contoh)
Predikat
|
Deskripsi
|
Baik
|
Menunjukkan sikap
bersyukur, selalu member salam, menghormati orang yang menjalankan ibadah
sesuai agamanya dengan baik
|
2.
Sikap
Sosial (Contoh)
Predikat
|
Deskripsi
|
Sangat
Baik
|
Menunjukkan sikap
jujur, disiplin, gotong royong, santun dan percaya diri dengan baik
|
B.
Nilai
Akademik
1.
Nilai
Pengetahuan
No
|
Mata Pelajaran
|
Pengetahuan
|
|||
KKM
|
Angka
|
Predikat
|
Deskripsi
|
||
A.
Muatan Nasional
|
|||||
1
|
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
|
||||
2
|
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
|
||||
3
|
Bahasa
Indonesia
|
||||
4
|
Matematika
|
||||
5
|
Sejarah
Indonesia
|
||||
6
|
Bahasa Inggris dan Bahasa Asing
Lainnya*)
|
||||
B. Muatan
Kewilayahan
|
|||||
1
|
Seni
Budaya
|
||||
2
|
Pendidikan
Jasmani Olahraga dan Kesehatan
|
||||
C.
Muatan Peminatan Kejuruan
|
|||||
C1.
Dasar Bidang Keahlian
|
|||||
1
|
……………………..
|
||||
2
|
…………..
|
||||
3
|
………………………..
|
C2. Dasar Program Keahlian
|
|||||
1
|
………………………
|
||||
2
|
…………………………..
|
||||
3
|
……………………………..
|
||||
4
|
………………………….
|
C3. Kompetensi Keahlian
1
|
………………………
|
||||
2
|
…………………………..
|
||||
3
|
……………………………..
|
||||
4
|
………………………….
|
2.
Nilai
Keterampilan
No
|
Mata Pelajaran
|
Keterampilan
|
|||
KKM
|
Angka
|
Predikat
|
Deskripsi
|
||
A.
Muatan Nasional
|
|||||
1
|
Pendidikan
Agama dan Budi Pekerti
|
||||
2
|
Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan
|
||||
3
|
Bahasa
Indonesia
|
||||
4
|
Matematika
|
||||
5
|
Sejarah
Indonesia
|
||||
6
|
Bahasa
Inggris dan Bahasa Asing
Lainnya*)
|
||||
B. Muatan
Kewilayahan
|
|||||
1
|
Seni
Budaya
|
||||
2
|
Pendidikan
Jasmani Olahraga dan Kesehatan
|
||||
C.
Muatan Peminatan Kejuruan
|
|||||
C1.
Dasar Bidang Keahlian
|
|||||
1
|
……………………..
|
||||
2
|
…………..
|
||||
3
|
………………………..
|
||||
C2. Dasar Program Keahlian
|
|||||
1
|
………………………
|
||||
2
|
…………………………..
|
||||
3
|
……………………………..
|
||||
4
|
………………………….
|
C.
Catatan
Akademik
Ananda perlu meningkatkan kompetensi pengetahuan gambar
teknik dan matematika sebagai bekal pembelajaran kompetensi kejuruan di kelas
XI
|
D.
Praktik
Kerja Lapangan
No.
|
Mitra DU/DI
|
Lokasi
|
Lamanya
(bulan)
|
Keterangan
|
1
|
||||
2
|
||||
3
|
E.
Ekstrakurikuler
No.
|
Kegiatan
Ekstrakurikuler
|
Keterangan
|
1
|
Kegiatan
Kepramukaan
|
Melaksanakan kegiatan kepramukaan dengan Baik
|
2
|
||
3
|
F.
Ketidakhadiran
Sakit
|
:
|
...... hari
|
Izin
|
:
|
...... hari
|
Tanpa Keterangan
|
:
|
...... hari
|
G.
Kenaikan
Kelas
Naik/
|
Mengetahui: .......................,
.............. 2018
Orang
Tua/Wali, Wali
Kelas,
....................................... .......................................
NIP.
Mengetahui,
Kepala Sekolah
.....................................
NIP.
Nama
Peserta Didik
|
..........................
|
Nama
Sekolah
|
:
|
||||
NISN/NIS
|
..........................
|
Alamat
Sekolah
|
:
|
..........................
|
|||
Kelas
|
:
|
..........................
|
|||||
Semester
|
:
|
Genap
|
H.
Deskripsi
Perkembangan Karakter
Karakter yang dibangun
|
Deskripsi
|
Integritas
|
|
Religius
|
Ananda menunjukkan ketakwaan pada agama yang dianut dan toleran pada penganut agama yang berbeda
|
Nasionalis
|
|
Mandiri
|
|
Gotong-royong
|
I.
Catatan
Perkembangan Karakter
Ananda menunjukkan perkembangan karakter yang baik pada
pembelajaran semester ini. Selain itu, ananda menunjukkan prestasi yang
membanggakan sekolah dengan menjuarai Kejuaraan Pencak Silat tingkat
Provinsi. Sikap sportif, rendah hati, dan pantang menyerah ditunjukkan ananda
selama kejuaraan berlangsung.
|
Mengetahui: .......................,
.............. 2018
Orang
Tua/Wali, Wali
Kelas,
....................................... .......................................
NIP.
Mengetahui,
Kepala Sekolah
.....................................
NIP.
Lampiran 4.
Petunjuk Pengisian
PETUNJUK PENGISIAN
1.
Rapor merupakan ringkasan hasil penilaian terhadap seluruh aktivitas
pembelajaran yang dilakukan peserta didik dalam kurun waktu tertentu;
2.
Rapor dipergunakan selama peserta didik yang bersangkutan mengikuti
seluruh program pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan tersebut;
3.
Identitas Sekolah diisi dengan data yang sesuai dengan keberadaan Sekolah
Menengah Kejuruan;
4.
Keterangan tentang diri Peserta
didik diisi lengkap;
5.
Rapor harus dilengkapi dengan pas foto berwarna (3 x 4) dan pengisiannya
dilakukan oleh Wali Kelas;
6.
Capaian peserta didik dalam kompetensi pengetahuan dan kompetensi
keterampilan ditulis dalam bentuk angka dan predikat untuk masing-masing mata
pelajaran;
7.
Predikat ditulis dalam bentuk huruf sesuai kriteria;
8.
Rentang predikat ditetapkan sebagai berikut :
Kategori
|
Rentang
|
Keterangan
|
Keterangan
Penguasaan Kompetensi
|
A+
|
N ≥ 95
|
Siswa secara konsisten menunjukkan pemahaman yang mendalam
pada semua materi.
|
Sangat Kompeten
|
A
|
95 > N ≥ 90
|
||
A-
|
90 > N ≥ 85
|
||
B+
|
85 > N ≥ 80
|
Siswa secara konsisten
menunjukkan pemahaman yang mendalam pada sebagian besar materi.
|
Kompeten
|
B
|
80 > N ≥ 75
|
||
B-
|
75 > N ≥ 70
|
||
C
|
·
Mata pelajaran muatan Adaptif dan Normatif
(A, B, C1)
70 > N ≥ 60
·
Mata pelajaran muatan Produktif (C2 dan C3)
70 > N ≥ 65
|
Siswa menunjukkan
pemahaman yang cukup pada semua materi.
|
Cukup Kompeten
|
Kategori
|
Rentang
|
Keterangan
|
Keterangan Penguasaan Kompetensi
|
D
|
·
Mata pelajaran muatan Adaptif dan Normatif
(A, B, C1)
N > 60
·
Mata pelajaran muatan Produktif (C2 dan C3)
N > 70
|
Siswa belum
menunjukkan pemahaman yang cukup pada sebagian besar materi.
|
Tidak Kompeten
|
9.
Catatan akademik ditulis dengan kalimat positif sesuai capaian yang
diperoleh peserta didik;
10.
Penjelasan lebih detil mengenai capaian kompetensi siswa dapat dilihat
pada leger
11.
Laporan Praktik Kerja Lapangan diisi berdasarkan kegiatan praktik kerja
yang diikuti oleh peserta didik di industri/perusahaan mitra;
12.
Laporan Ekstrakurikuler diisi berdasarkan kegiatan ekstrakurikuler yang
diikuti oleh peserta didik;
13.
Ketidakhadiran diisi dengan data akumulasi ketidakhadiran peserta didik
karena sakit, izin, atau tanpa keterangan selama satu semester.
14.
Keterangan kenaikan kelas diisi dengan putusan apakah siswa naik kelas
yang ditentukan melalui rapat dewan guru.
15.
Deskripsi perkembangan karakter diisi dengan simpulan perkembangan siswa
terkait penumbuhan karakter baik yang dilakukan secara terprogram oleh sekolah
maupun yang muncul secara spontan dari siswa
16.
Catatan perkembangan karakter diisikan hal-hal yang tidak tercantum pada
deskripsi perkembangan karakter termasuk prestasi yang diraih siswa pada
semester berjalan dan simpulan dari perkembangan karakter siswa pada semester
berjalan jika dikomparasi dengan semester sebelumnya
Lampiran 5. Keterangan Rapor Lainnya
KETERANGAN PINDAH SEKOLAH
Nama Peserta didik : __________________
KELUAR
|
|||
Tanggal
|
Kelas yang Ditinggalkan
|
Sebab-sebab
Keluar atau Atas Permintaan (Tertulis)
|
Tanda
Tangan Kepala Sekolah, Stempel Sekolah, dan Tanda Tangan Orang Tua/Wali
|
__________, ___________
Kepala Sekolah,
NIP
Orang Tua/Wali,
|
|||
__________, ___________
Kepala Sekolah,
NIP
Orang Tua/Wali,
|
|||
__________, ___________
Kepala Sekolah,
NIP
Orang Tua/Wali,
|
KETERANGAN
PINDAH SEKOLAH
Nama Peserta didik :
__________________
NO.
|
MASUK
|
||
1
2
3
4
5
|
Nama Peserta didik
Nomor Induk
Nama Sekolah
Masuk di Sekolah ini:
a.
Tanggal
b.
Di Kelas
Tahun Pelajaran
|
_________________
_________________
_________________
_________________
_________________
_________________
|
_______, _________
Kepala Sekolah,
NIP
|
1
2
3
4
5
|
Nama Peserta didik
Nomor Induk
Nama Sekolah
Masuk di Sekolah ini:
a.
Tanggal
b.
Di Kelas
Tahun Pelajaran
|
_________________
_________________
_________________
_________________
_________________
_________________
|
_______,__________
Kepala Sekolah,
NIP
|
1
2
3
4
5
|
Nama Peserta didik
Nomor Induk
Nama Sekolah
Masuk di Sekolah ini:
a.
Tanggal
b.
Di Kelas
Tahun Pelajaran
|
_________________
_________________
_________________
_________________
_________________
_________________
|
__________, _____
Kepala Sekolah,
NIP.
|
CATATAN PRESTASI YANG PERNAH DICAPAI
Nama Peserta didik : ……………………………………………….
Nama Sekolah : ……………………………………………….
Nomor Induk/NISN : ……………………………………………….
No.
|
Prestasi yang Pernah Dicapai
|
Keterangan
|
1
|
Kurikuler
|
_________________________________________
_________________________________________
_________________________________________
_________________________________________
_________________________________________
_________________________________________
|
2
|
Ekstra Kurikuler
|
_________________________________________
_________________________________________
_________________________________________
_________________________________________
_________________________________________
_________________________________________
|
3
|
Catatan Khusus Lainnya
|
_________________________________________
_________________________________________
_________________________________________
_________________________________________
_________________________________________
_____________________________________
|